Manfaat Bawang Tiwai untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Tiwai untuk Kesehatan
Manfaat Bawang Tiwai untuk kesehatan sudah lama diketahui oleh masyarakat lokal Kalimantan. Berbagai penelitian ilmiah semakin membuktikan keajaiban tanaman khas Kalimantan ini. Diketahui bahwa Bawang Tiwai dapat mengobati dan menyembuhkan berbagai penyakit antara lain : stroke, kista, myom, kanker payudara, kanker rahim, kanker kelenjar getah bening, kanker paru paru, kanker usus, diabetes, TBC, asma, migrain, vertigo, ambeien, amandel, maag, radang usus, ginjal, darah tinggi, darah rendah, asam urat, autis, epilepsi, sakit pinggang, bau mulut, kolesterol, batuk, flu, vitalitas, gangguan pencernaan, jantung, hepatitis, insomia, rematik, narkoba, gondok, prostat, hipertensi, keputihan, luka pada kulit, lambung, dan semua penyakit yg berhubungan dengan darah.

Bawang Tiwai / bawang dayak / bawang berlian ( Eleutherine Mericane Merr ) ini tumbuh di pegunungan pada ketinggian sekitar 600-2000 meter diatas permukaan laut. Bawang berlian super hanya tumbuh di daerah dengan kadar belerang tinggi. Bentuk dan warna Bawang Tiwai ini mirip dengan Bawang Merah. Banyak bawang-bawangan yang ada di pulau Jawa mirip seperti bawang ini , tapi khasiatnya tidak sama dan tumbuh di daerah biasa.

Didalam referensi Buku Tanaman Obat Indonesia disebutkan bahwa kandungan Bawang Tiwai ini meliputi :Polifenol, Tanin, Alkaloid, Saponin, Triterpenoid, Stroid, GlIkosida, Fenolik dan Flavonoid (kandungan senyawa lainnya masih dalam penelitian).

Disqus Comments