Bawang Dayak, Umbi Ajaib Yang Banyak Dicari

Bawang Dayak, Umbi Ajaib Yang Banyak Dicari
Bawang Dayak, Umbi Ajaib Yang Banyak Dicari - Memiliki khasiat yang luar biasa, bawang dayak kini banyak dicari orang. Tidak tanggung-tanggung beberapa penyakit berat dan mematikan bisa disembuhkan oleh umbi ajaib ini.


Bawang dayak merupakan tanaman yang berasal dari hutan Kalimantan Barat, Kandungan senyawa aktif dalam bawang dayak sangat lengkap sehingga sangat wajar khasiatnya banyak. Senyawa itu meliputi alkaloid, steroid, glikosida, flavonoid, fenolik, tanin, dan saponin. Salah satu dari senyawa ini, yaitu flavonoid dapat berkhasiat sebagai antikanker, antiviral, anti-inflamasi, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta penangkap radikal bebas.

Khasiat bawang dayak dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga penyakit berbahaya, bahkan mematikan. Misalnya, diabetes mellitus, jantung koroner, hipertensi, tuberkulosis, bronkitis, radang rektum, asam urat, radang prostat, ambeien, peluruh lemak, bisul, hepatitis, dan peningkat gairah seksual.

Bawang yang oleh masyarakat setempat biasa disebut bawang kambe, telah diliti dan uji. Fakultas Farmasi ITB Bandung mengkaji pengaruh pengolahan simplisia terhadap kandungan metabolit utama bawang dayak.

Dari hasil penelitian tersebut diketahui, bawang dayak dapat digunakan langsung secara segar atau dikeringkan. Untuk mendapatkan khasiat maksimal, sebaiknya digunakan ketika pertumbuhannya mencapai puncak vegetatif, yaitu ketika baru muncul kuncup bunga.

Disqus Comments