Cara Mengolah Bawang Dayak

Cara Mengolah Bawang Dayak
Pasti anda sudah mengetahui jenis tanaman ini mulai dari ciri – ciri hingga tempat asalnya. Bila anda belum banyak mengetahuinya, coba untuk membuka link atau artikel terkait lainya disini yang membahas tuntas tumbuhan bawang dayak. Jadi anda disini akan lebih fokus pada Cara Mengolah Bawang Dayak

Mengapa cara pengolahan ini harus di share kepada Anda? Alasan utamanya adalah karena bawang dayak ini ampuh untuk mengatasi banyak penyakit yang didukung adanya penelitian ilmiah dari kandungan umbinya (senyawa fitokimia) dimana menjadikan bawang dayak mampu bekerja optimal untuk pengobatan herbal. Potensi inilah yang menyebabkan tumbuhan ini sangat diminati kalangan masyarakat sebagai obat alternatif atau obat tradisional.


Berikut Cara Mengolah Bawang Dayak

1. Bawang Dayak Serbuk/Tepung/Bubuk

Proses pembuatannya sangatlah gampang karena cuma mengiris bawang dayak yang sudah kering menjadi 7-8 irisan, haluskan dengan blender dan disaring menggunakan ayakan khusus yang kemudian bisa anda masukan dalam kemasan tertutup.

2. Bawang Dayak Instan

Ambil umbinya yang sudah diiris tipis an dicuci hingga bersih, kemudian tambahkan air sekitar 2 liter setiap 1kg bawang dayak. Lalu haluskan menggunakan blender dan setelah halus saringlah memakai kain atau kasa, kemudian tambahkan gula (1kg bwang:1kg gula pasir). Tahap terakhir yaitu masaklah semua bahan yang telah dicampur dan aduk terus sampai membentuk butir – butir halus (Kristal). Tiriskan terlebih dahulu dan anda bisa mengayak sekaligus mengemasnya setelah mongering (bentuknya seperti tepung).

3. Manisan Bawang Dayak

Anda bisa mencuci batang atau umbi bawang yang sudah diiris tipis lalu kukus kesemuanya sampai 5 menit. setelah matang, masukkan dalam larutan gula (air 1:gula 1), kemudian masaklah sambil mengaduk secara terus menerus sampai kering dengan tanda gulanya mulai mengkristal.

4. Bawang Dayak Simplisia/Rajangan

Seperti biasa, anda hanya perlu mengambil umbi bawang tersebut. Iris tipis – tipis dan cuci sampai bersih. Dari situ, semua irisan harus anda keringkan atau dijemur di bawah matahari sampai batas waktu 24 jam, mungkin jika tidak mendukung cuacanya bisa memakai oven pada suhu 50 derajat celcius selama 8 jam. Maka kadar air akan keluar berkisar 12% yang bisa anda dinginkan, kemas dengan plastik sampai tertutup rapat. Anda siap menggunakanya.

Bagaimana, apakah anda sudah melakukan Cara Mengolah Bawang Dayak dengan baik? Bila anda kerepotan untuk melakukan setiap tahapan – tahapan diatas, maka anda akan lebih mudah untuk mendapatkan bawang dayak yang sudah jadi dengan memesan kepada kami. Tersedia banyak bawang dayak serbuk, simplisia dan lainya sebagai obat herbal alternatif untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Disqus Comments