Bawang Dayak si Umbi Ajaib Penakluk Aneka Penyakit

Bawang Dayak si Umbi Ajaib Penakluk Aneka Penyakit - Bawang dayak yang berasal dari hutan Kalimantan Barat memiliki khasiat dahsyat dalam pengobatan aneka penyakit. Sayangnya, si umbi ajaib ini belum banyak dikenal masyarakat luas sehingga baru sebagian saja yang memanfaatkan keampuhannya. 

Masyarakat Dayak biasa menyebutnya dengan “bawang hutan atau bawang kambe”. Lain lagi masyarakat Melayu, mereka menyebutnya dengan “bawang mekah”, mungkin karena khasiatnya yang ajaib. Tumbuhan ini sudah lama digunakan masyarakat setempat untuk pengobatan aneka penyakit.

Kandungan senyawa aktif dalam bawang dayak sangat lengkap sehingga sangat wajar khasiatnya banyak. Senyawa ini meliputi alkaloid, steroid, glikosida, flavonoid, fenolik, tanin, dan saponin. Salah satu dari senyawa ini, yaitu flavonoid dapat berkhasiat sebagai antikanker, antiviral, anti-inflamasi, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta penangkap radikal bebas. Kekuatan aktivitas antioksidan senyawa flavonoid tergantung pada jumlah dan posisi dari gugus OH dalam molekul flavonoid. Semakin banyak gugus OH, aktivitas antiradikalnya semakin tinggi.

Bawang Dayak si Umbi Ajaib Penakluk Aneka PenyakitBeberapa penelitian dan pengujian telah dilakukan untuk membuktikan khasiat bawang dayak. Di antaranya oleh Fakultas Farmasi ITB Bandung yang mengkaji pengaruh pengolahan simplisia terhadap kandungan metabolit utama bawang dayak. Bawang dayak dapat digunakan langsung secara segar atau dikeringkan. Untuk mendapatkan khasiat maksimal, sebaiknya bawang dayak diperoleh ketika pertumbuhannya mencapai puncak vegetatif, yaitu ketika baru muncul kuncup bunga.

Naiknya popularitas bawang dayak sangat beralasan karena didukung oleh bukti-bukti akurat yang telah merasakan khasiat dahsyat si umbi ajaib ini. Salah satunya dialami oleh Ibu Titiek Sri Rahayu, asal Jakarta. Ia mencoba mengonsumsi bawang dayak setelah divonis menderita kanker payudara oleh dokter. Ketika itu, dokter menyarankannya untuk menjalani operasi pengangkatan payudara. Ia rajin mengonsumsinya sebanyak 3 kali sehari, yaitu saat pagi, siang, dan sore. Alhamdulillah, benjolan yang semula 7 cm x 4 cm tinggal sebesar kacang tanah. Ia merasakan betul khasiatnya dengan menyaksikan penyusutan massa benjolannya dari hari ke hari.

Khasiat bawang dayak dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga penyakit berbahaya, bahkan mematikan. Misalnya, diabetes mellitus, jantung koroner, hipertensi, tuberkulosis, bronkitis, radang rektum, asam urat, radang prostat, ambeien, peluruh lemak, bisul, hepatitis, dan peningkat gairah seksual. Ingin tahu lebih jauh tentang si umbi ajaib ini dan bagaimana aplikasi pengobatannya?

AgroMedia Pustaka menerbitkan buku Bawang Dayak Si Umbi Ajaib Penakluk Aneka Penyakit yang akan membahas secara tuntas tentang bawang dayak ini. Buku ini disusun oleh Ni Luh Indrawati, S.Farm., Apt. dan Razimin, S.Si., Apt. Di dalamnya dijelaskan mulai dari mengenal bawang dayak sebagai mutiara Borneo yang memiliki segudang khasiat, pembahasan ilmiah bawang dayak, manfaat bawang dayak untuk menumpas aneka penyakit, teknik peracikan untuk pengobatan, hingga ramuan bawang dayak secara spesifik untuk 23 jenis penyakit ringan dan berat, seperti kanker, diabetes, jantung, hipertensi, hepatitis, TBC, bronkitis, sinusitis, radang, asam urat, rematik, infeksi, gondok, pencernaan, ambeien, nyeri haid, bisul, kewanitaan, dan peningkat gairah seksual.

Selain itu, dilengkapi pula dengan cara bertanam bawang dayak yang mudah dan tahan hama sehingga Anda dapat memiliki persediaan bawang dayak sendiri secara segar. Beberapa penderita penyakit ikut menyempurnakan buku ini dengan memberikan testimoni masing-masing dari pengalaman mereka memperoleh khasiat bawang dayak. Buku ini mendapat banyak sambutan positif dari para tokoh dan pemerhati kesehatan, seperti guru besar Fakultas Farmasi Unair, Dr. Hj. BRA. Mooryati Soedibyo, Prabowo Subianto, bupati Kubu Raya Kalimantan Barat, dan tokoh-tokoh lainnya.

sumber : http://agromedia.net/utama/khasiat-dahsyat-bawang-dayak-menaklukkan-beragam-penyakit.html

Disqus Comments