Manfaat Bawang Dayak

Manfaat Bawang Dayak - Tanaman ini banyak dimanfaatkan bukan sebagai bumbu masakan, melainkan sebagai obat. Kandungan senyawa yang dimilikinya, seperti polifenol, flavonoid, tannin, glikosida, alkaloid, saponin, tri terpenoid, steroid, dan fenolik, sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan obat.

Industri dan perdagangan obat di seluruh Indonesia tidak henti-hentinya memproduksi dan memasarkan obat dan suplemen yang berasal dari bawang sabrang.

Manfaat Bawang Dayak
Penyakit yang Dapat Diobati Penyakit-penyakit yang dapat dibantu penyembuhannya menggunakan bawang hasil pertanian di daerah Kalimantan ini adalah sebagai berikut.
  1. Obat peluruh kemih 
  2. Obat muntah 
  3. Pencahar 
  4. Obat penyakit kuning dan kelamin 
  5. Semua penyakit kronis dan yg berhubungan dengan Darah 
  6. TBC, 
  7. Asma, 
  8. Migrain, 
  9. Vertigo, 
  10. Ambeien,  
  11. Amandel, 
  12. Maag, 
  13. Radang Usus, 
  14. Ginjal, 
  15. Prostat 
  16. Diabetes 
  17. Asam urat 
  18. Hipertensi / Darah Tinggi 
  19. Darah Rendah 
  20. Epilepsi 
  21. Gangguan pencernaan lambung 
  22. Kolesterol 
  23. Gondok 
  24. Bronkhitis 
  25. Stamina 
  26. Gangguan seksual / Vitalitas 
  27. Keputihan 
  28. Sakit Pinggang 
  29. Stroke 
  30. Jantung, 3
  31. Hepatitis, 
  32. Insomnia, 
  33. Rematik 
  34. Pelupa dan menurunnya fungsi ingatan 
  35. Segala jenis Kanker dan Tumor (Kista, Myom, Kanker Payudara, Kanker Rahim, Kanker kelenjar getah bening, Kanker paru paru, Kanker usus) 

Selain itu, tanaman umbi ini memiliki khasiat meyembuhkan gangguan kesehatan, seperti sembelit, peluruh air seni, pencahar dan perangsang muntah.

Untuk obat sembelit, ambil sebanyak 50 gram bawang sabrang segar, dicuci bersih kemudian diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring. Air saringan tersebut ditambah dengan setengah gelas air panas. Lalu, diminum sehari 2 kali, pagi dan sore hari, masing-masing seperempat gelas. Bisa juga dimakan langsung dengan mengukus atau membakarnya sebentar untuk menghilangkan bau yang kurang sedap. Makan 3 kali sehari, sekali makan 2–3 siung. Jangan lupa kupas kulitnya terlebih dahulu.

0 komentar